Post Top Ad

Rabu, 17 Juli 2013

Inilah 5 Tips Belanja Online

Inilah 5 Tips Belanja OnlineBelanja online merupakan tren baru yang cukup berkembang pesat akhir akhir ini, hal ini bisa terlihat dari maraknya berbagai macam toko online yang menjual berbagai macam barang, mulai dari baju, celana, sepatu, kebutuhan anak, furniture bahkan makanan dan hewan peliharaan pun banyak dijual melalui toko online.
Berkembangnya toko online tersebut tidak lepas dari meningkatnya jumlah pengguna internet yang terus mengalami peningkatan setiap tahun, hal ini menjadi salah satu faktor utama yang membuat banyak orang melirik peluang baru ini. Berbagai macam pelatihan dan kursus membuat dan mengelola toko online pun banyak bermunculan, mungkin Anda salah satunya ?
Selain memberikan kemudahan kepada para pembeli, banyak pula dari toko online tersebut yang merupakan toko online fiktif yang bertujuan untuk menipu calon pembelinya, untuk itu kita mesti berhati hati bila ingin berbelanja online.
5 Tips Belanja Online
  • Pastikan Reputasi Toko Online, Setiap kali Anda berbelanja online, pastikan toko online tersebut memiliki reputasi yang bagus dan memiliki banyak testimonial yang bisa dipertanggungjawabkan. Asal tahu saja, banyak pula toko online yang memiliki testimonial palsu, untuk itu sebaiknya cek dan ricek toko online tersebut, bila perlu tanyakan kepada teman teman Anda tentang toko online tersebut.
  • Pastikan Profesionalitas Toko Online, Profesionalitas sebuah toko online bisa terlihat dari beberapa hal, antara lain, memiliki domain pribadi yang biasanya berakhiran .com .net .co.id .web.id dsb, memiliki contact person (customer service) yang jelas dengan telpon dan alamat yang nyata dan jelas. Yakinkan diri Anda dengan memastikan keamanan toko online tersebut, coba telponlah beberapa kali di hari yang berbeda dan carilah referensinya melalui search engine seperti google atau yahoo.
  • Baca TOS dan Aturan Belanja, agar lebih jelas, jadilah pembeli yang cerdas, jangan menanyakan kebijakan berbelanja dulu kepada customer service sebelum Anda membaca TOS dan F.A.Q (Frequently Asked Question), karena siapa tahu apa yang hendak Anda tanyakan sudah tertera dengan jelas di TOS dan FAQ tersebut. Selain itu dengan mempelajari kedua hal tersebut Anda jadi lebih tahu tentang aturan berbelanja di toko online tersebut.
  • Kenali Lebih Dekat, bila ingin mendapatkan kenyamanan dan memanfaatkan fasilitas yang ada di toko online tersebut, dalam berbelanja online, sebaiknya Anda kenali lebih dekat toko online tempat Anda ingin membeli barang tersebut, biasanya toko online yang bagus menyediakan halaman khusus tentang tips dan trik bagaimana berbelanja dan memanfaatkan fasilitas di toko online tersebut.
  • Referensi Toko Online Lain, Kemungkinan barang yang akan Anda beli juga dijual di banyak toko online yang lain, untuk itu cobalah mencari referensi di toko online yang lain, siapa tahu Anda menemukan harga yang lebih murah dengan pelayanan yang lebih bagus.

Demikianlah 5 tips belanja online, agar Anda merasa nyaman dalam berbelanja online dan bisa membedakan mana toko online yang bagus dan tipu tipu belaka. Semoga bermanfaat.