Post Top Ad

Selasa, 11 Maret 2014

Inilah Ciri-Ciri Toko Online Yang Di Percaya / Bukan Penipu

Ciri-Ciri Toko Online Yang Di Percaya / Bukan PenipuArtikel Ciri-Ciri Toko Online Yang Di Percaya / Bukan Penipu adalah lanjutan dari artikel sebelumnya Kemudahan Berbelanja Di Toko Online. Pada artikel kali ini kita akan mencari tahu toko online yang nyata atau bukan penipu berdasarkan ciri-ciri umumnya. Memang kesannya agak ribet, tetapi demi keamanan nggak ada salahnya kita selidiki dulu sebelum terlanjur melakukan hal yang di anggap ceroboh.
Beberapa hal yang bisa di lakukan untuk mengetahui ciri-ciri toko online yang nyata, di percaya atau bukan penipu diantaranya :
1. Ketahui Umur Domain / Website
Ibarat pepatah semakin tua semakin menjadi, prinsip itulah yang akan kita gunakan untuk mencari toko online yang di percaya. Beberapa tool online dapat membantu kita untuk mengetahui usia domain / website dan usahakan mencari website toko online yang usianya di atas 1 tahun.
http://www.seologs.com/dns/domain-check.html
2. Traffic Alexa Dan Google Rank
Semakin kecil traffic rank alexa suatu website maka semakin ramai pengunjung situs tersebut, sebaliknya semakin besar google rank semakin besar pula bahwa website tersebut memiliki reputasi yang baik. Google Rank di hitung mulai dari 0-10, dan Alexa Rank cari yang di bawah 1 juta-an.
http://www.checkpagerank.net
3. Memiliki SSL (Secure Socket Layer)
Situs website toko online biasanya menggunakan Secure Socket Layer atau sertifikat website yang di gunakan untuk enkripsi data yang di anggap privasi. Biasanya yang menggunakan SSL adalah toko online yang tergolong besar dan bisa di tandai dengan awalan domain https:// dan bukan http://.
Sebenarnya masih banyak lagi cara untuk mengetahui ciri-ciri toko online yang di percara / bukan penipu, namun dengan 3 cara di atas saya kita sudah bisa mengetahui bahwa toko online tersebut real atau tidak. Dari poin di atas utamakan untuk poin 1 dan 2, sedangkan untuk poin 3 tidak begitu berpengaruh untuk website toko online kecil.
Cukup sekian artikel kali ini, pada artikel berikutnya akan kita bahas Tips Aman Berbelanja Online.