Post Top Ad

Sabtu, 10 Maret 2018

Tips Mudah Kenali Akun di IG (INSTAGRAM) PENIPU!! berguna juga untuk Sosmed Lainnya

Pernah ga kalian kepengen banget sama suatu barang atau lagi butuh banget sama barang tersebut, terus memutuskan untuk beli online karena HARGA YANG LEBIH MURAH, ternyata malah kena tipu??? Untuk yang pernah kena, terutama penipuan di INSTAGRAM, berikut gw bantu cara mengetahui akun penipu di INSTAGRAM.

Sebab musabab atau bahasa arabnya asbabun nujul gw bikin tulisan ini karena Istri gw yang lagi butuh banget COKLAT NUTELLA untuk bahan baku bikin brownies panggang, memutuskan beli melalui akun instagram tanpa bilang dulu ke gw dan ternyata kena tipu. Gw ga masalahin istri yang ga bilang dulu, tapi yang gw permasalahin kenapa gw ga ajarin istri gw cara mengetahui akun ig yang nipu.

Nah biar kalian ga kena tipu juga, gw putuskan buat tulis topik ini. Untuk catatan, tulisan gw ini berdasarkan hasil investigasi gw selama sehari (setelah istri gw curhat kena tipu) dan hasil investigasi ini bisa aja kurang akurat atau bisa di tambahkan dengan analisa lainnya yang bisa di pertanggung jawabkan.

Untuk kalian yang ga mw ribet baca, kalian bisa nonto videonya di bawah ini:





Thread ini akan di lengkapi dengan gambar biar semakin jelas.

Istri gw kena tipu melalui akun IG  https://www.instagram.com/snackimport_01/
Tergiur iklan beli 2 gratis 1 NUTELLA 1KG

Gimana cara tau akun ini penipu. Kita akan studi kasus dengan menggunakan akun diatas

1. JANGAN PERCAYA DENGAN JUMLAH FOLLOWER


Tanamkan dalam pikiran dan hati, tentang jumlah follower. Ga semua Jumlah follower banyak penipu ( ini emang bener), tapi BANYAK Penipu menggunakan akun dengan jumlah follower yang banyak. Kalo baru ngeliat jumlah follower terus langsung beli, saran gw langsung banyak berdoa aja kalo akun itu bukan penipu. Karena JUMLAH FOLLOWER BISA DIBELI (lihat gambar) baik di twitter, instagram, facebook. Jadi jangan pernah memutuskan untuk belanja hanya karena jumlah followernya ratusan ribu, jadikan ini hanya point pendukung anda menjadi yakin belanja di akun IG tersebut.

2. LIHAT POLA POSTINGAN




Biasanya, akun IG penipu memiliki pola upload postingan yang seragam, mereka akan mengulang postingan yang sama secara terjadwal. Ini untuk mengecoh pembeli, postingan mana yang ada komentar dari pembeli terkait testimoni penipuan. Kalian akan langsung tergiur dengan harga dan promo yang mereka posting sebelum mencek mana postingan yang sudah banyak komentar dan likenya. Terkadang mereka juga menyamarkan dengan memberikan postingan random yang ga berhubungan dengan jualan mereka, Gunannya untuk meyamarkan postingan yang menjebak para pembeli.


3. PASTIKAN LIHAT DAN BACA JUMLAH KOMENTAR

Ini wajib buat kalian yang memutuskan untuk belanja di akun tersebut, biasanya para akun IG PENIPU selalu menghapus komentar dari para pembeli yang memberikan komentar tentang penipuan mereka. Pasti kalian yang pernah tertipu langsung komen ke IG mereka dan memaki memberikan testimoni terkait penipuan, tapi tau-taunya komen kalian hilang dan sudah di hapus. Sejatinya, INSTAGRAM memberikan hint buat kita supaya lebih aware (berhati-hati) dan mengetahui akun mana yang suka menghapus komentarnya.

3.1

Untuk mencek jumlah komentar yang dihapus, paling mudah melalui desktop ( laptop atau pc), nanti kalian akan melihat jumlah komentar yang ada di postingan tersebut dengan mengeser mouse ke postingan tersebut (Lihat Gambar 3.1). Di gambar tersebut terlihat ada 2 love dan 11 komentar.


Gambar 3.2

Setelah itu kalian klik postingan tersebut dan baca semua komentarnya, kalau ternyata ada sesuai jumlah di luar, berarti tidak ada komentar yang di hapus oleh admin akun IG tersebut. Tapi kalau ada komentar yang di hapus, kita patut curiga dan waspada, jangan-jangan ada komentar yang memberitahu kalau akun ini penipu dan dihapus (Lihat Gambar 3.2) Seperti gambar tersebut tidak ada sama sekali komentar yang tampil ketika detail produk di munculkan.

UNTUK PENGECEKAN MELALUI HANDPHONE KALIAN BISA TONTON DI VIDEO.

4. KEPO-IN DI SEARCH ENGINE

Langkah ke 4 ini hukumnya Fardu ain, Maksudnya apa sih?? Jadi gini, semua informasi terkait akun ig tempat yang kalian mw belanja, kalian simpan dan coba kepo-in di search engine (mesin pencarian) seperti google, bing, baidu, yahoo, gigablast, yandex dst. Tapi biasanya lewat google juga udah cukup.

Informasi seperti apa yang bisa kalian kepo-in? Contohnya nih yah,

Gambar 4.1

Nomer Telp yang biasa dipakai komunikasi antara kalian dan akun IG penjual tersebut. Biasanya kalo udah di search, nanti ketemu tuh yang namanya informasi akurat atau cerita kisah pilu habis di tipu sama nomer telp tersebut. Srudi kasus pake nomer hp akun IG yang nipu istri gw (Lihat Gambar 4.1)

Gambar 4.2

Atau kalau kalian ga menemukan hal mencurigakan dari kepo-in nomer telp, kalian bisa juga coba kepo-in nomer rekening IG tersebut. Biasanya saat mw membeli, pasti sudah terjadi chit chat yang berujung dengan di berikan nomer rekening penjual ke kita (Lihat Gambar 4.2)


Gambar 4.3

Setelah dapat no rek penjual, langsung aja ke mesin pencari dan tuliskan nomer rekening penjual, coba dengan berbagai cara, pakai pemisah spasi atau tanda (-) atau nyambung semua, kalau kalian menemukan seperti Gambar 4.3 bisa gw pastikan jangan belanja di online store tersebut. KECUALI KALO KALIAN MW SEDEKAH.


Mungkin ini dulu analisa yang bisa gw berikan. Sama seperti di judul ini. CARA DIATAS BISA DITERAPKAN KE SEMUA ONLINE STORE YANG ADA DI SOCMED.

Nanti akan gw coba tambahkan lagi kalau ada analisa baru.

HAPPY ONLINE SHOPPING :)

Jangan Lupa Share kalau artikel ini bermanfaat yah.


Sumber : http://www.fadlinurhasan.com/2016/11/cara-mengetahui-akun-penipu-di.html