Post Top Ad

Minggu, 15 Januari 2023

INVESTIGASI FAKTA : Hoax Foto Kakek Anies Baswedan Bersama Soekarno dan Soedirman



Beredar sebuah foto di Facebook yang diklaim sebagai Abdurrahman Baswedan, kakek mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Foto hitam putih tersebut memperlihatkan tiga pria. Dua di antaranya adalah Presiden Soekarno (kiri) dan Panglima Besar Jendral Soedirman (kanan). Sedangkan seseorang yang berada di tengah diklaim sebagai kakek dari Anies Baswedan.

Mencari pasangan hidup saja kita harus tahu BEBET, BIBIT dan BOBOT apalagi memilih calon PEMIMPIN NEGARA BESAR seperti INDONESIA.

Orang yg berdiri diantara SOEKARNO dan Pangsar SOEDIRMAN itu KAKEK PAK ANIES BASWEDAN.
Pejuang sejati berjuang untuk rakyat dan martabat negeri,” narasi yang beredar.



Penelusuran

Dilansir dari AFP, foto identik diunggah perpustakaan virtual milik Kementerian Kebudayaan India. Foto tersebut merupakan, Presiden Soekarno dan Soedirman dengan diplomat India bernama Mohammad Yunus, bukan Abdurrahman Baswedan.

Keterangan dalam foto tersebut berbunyi: "Berbagai kegiatan Mohammad Yunus dari Oktober 1947 hingga Januari 1949 dengan pemimpin India dan asing: Mohammad Yunus dengan Dr. Soekarno dan Jendral Sudirman dalam perjalanan ke Wonosobo - Juli 1948".

Almarhum Mohammad Yunus pernah ditugaskan sebagai duta India di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Foto-foto lain memperlihatkan aktivitas Yunus di Indonesia di tahun 1947 dan 1948.

Foto yang diklaim sebagai Abdurrahman Baswedan, kakek Anies Baswedan, berdiri diapit oleh presiden Soekarno dan  Jenderal Soedirman adalah keliru

Faktanya, foto itu memperlihatkan Soekarno dan Soedirman dengan diplomat India bernama Mohammad Yunus, bukan Abdurrahman Baswedan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.336G7BZ