Post Top Ad

Jumat, 19 Juli 2013

Tips paling aman belanja barang secara online


Tips Belanja Online Secara Aman dan Mengindari Penipuan
Tips paling aman belanja barang secara onlinePolisiinternet.com, Seiring dengan maraknya internet sebagai media online penunjang aktivitas manusia yang siap memberikan berbagai kemudahan menjadikan internet sebagai sebuah media yang dimanfaatkan banyak orang untuk melakukan berbagai macam transaksi.

Untuk membeli barang-barang keperluan Anda, kini bisa dilakukan dengan sangat mudah melalui internet. Shopping secara online menawarkan kemudahan kepada Anda dan disisi lain ia juga bisa menghemat waktu Anda serta lebih meminimalisir kos.

Dibalik kemudahan yang ada, kita tetap harus waspada dalam memilih toko online untuk membeli suatu barang, baik itu berupa obat-obatan, perangkat elektronik, gadget, dll. Pilihlah toko online yang memang sudah terpercaya dan telah dikenal oleh banyak orang. Jangan asal memilih, karena tidak sedikit toko online yang memang didesain hanya untuk melakukan aktivitas penipuan.

Wacana shopping online di Indonesia dari waktu ke waktu kian menjadi populer setelah munculnya sejumlah situs toko online ternama, seperti bhinneka.com, blibli.com, zalora.co.id, lazada.co.id, dll. Situs-situs tersebut merupakan situs toko online terbesar dan terpercaya dengan jumlah pelanggan yang sangat banyak. Anda bisa berkunjung ke situs-situs tersebut jika ingin belanja barang secara online.

Lazada.co.id merupakan situs toko online terbesar di Indonesia saat ini. Eksistensi Lazada sebenarnya tidak hanya di Indonesia. Perusahaan ini memiliki jaringan di Asia Tenggara, termasuk di Malaysia, Piliphina, Thailand, dll. Lazada adalah situs toko online yang menyediakan berbagai macam barang kebutuhan Anda dengan jaminan transaksi online yang aman dan terpercaya.

Sebagai situs top online retailer di Indonesia Lazada siap memberikan Anda kemudahan untuk membeli beragam produk elektronik, dekorasi rumah tangga, produk kesehatan dan kecantikan serta aneka ragam produk kebutuhan Anda lainnya. Situs toko online yang satu ini juga merupakan satu-satunya situs toko online terlengkap bagi Anda yang ingin membeli gadget, seperti smartphone, PC/laptop, kamera, dll.

Guna membantu Anda terhindar dari penipuan yang berkedok sebagai situs toko online, berikut beberapa tips untuk mengetahui apakah situs toko online yang Anda kunjungi dapat dipercaya atau sebaliknya.

Tips Belanja Online Secara Aman

  • Jangan terpengaruh dengan harga yang terlalu murah. Perbedaan harga yang sangat signifikan merupakan sebuah indikasi yang patut Anda waspadai.
  • Cek alamat perusahaan bersangkutan. Situs toko online terpercaya memberikan info/profile lengkap perusahaan mereka. 
  • Akses "kontak" yang sangat terbatas, seperti hanya menggunakan nomor ponsel. Ia mengindikasikan bahwa ada yang tidak beres dengan situs toko online tersebut.
  • Transaksi via SMS harus Anda waspadai, karena sebagian besar situs toko online yang legal tidak menggunakan mekanisme transaksi via SMS.
  • Perhatikan kondisi situs tersebut. Amati situs toko online tempat dimana Anda ingin membeli barang. Situs toko online yang legal biasanya terlihat dinamis dan tidak acak-cakan.
  • Cek peringkat situs tersebut. Ranking memang tidak bisa dijadikan parameter, karena ia ditentukan oleh sejumlah faktor. Namun, biasanya situs toko online terpercaya kebanyakan memiliki ranking yang baik. 
  • Kunjungi laman “tentang kami/about us” pada situs tersebut. Memperlihatkan profile secara lengkap merupakan prioritas bagi situs toko online yang legal. Jadi, Anda harus waspada ketika situs toko online yang Anda kunjungi seolah terkesan tidak jelas.
  • Cari laman "testimonial" di situs tersebut. Ini merupakan salah satu cara untuk mengungkap jati diri suatu situs toko online. Isi testimonial memang bisa dibuat-buat, namun Anda bisa memperhatikan seberapa banyak testimonial yang ada pada situs tersebut.
  • Cari tahu bagaimana mekanisme pembayarannya. Situs toko online yang legal tidak menerapkan mekanisme pembayaran yang merepotkan pembeli dan terkesan aneh. 
  • Cek popularitas situs toko online bersangkutan via Google search dengan menggunakan frasa kata kunci. Contoh: nama situs toko online penipuan, situs toko online penipu, toko online ilegal, dsb.
Demikian tips untuk belanja online secara aman dan menghindari penipuan yang berkedok sebagai situs toko online terpercaya.

Ada banyak situs terpercaya yang bisa Anda pilih, namun pastikan Anda tetap bersikap waspada agar bisa terhindar dari aktivitas penipuan.